Sunday, August 19, 2012

Panon Hideung

Eulis Zouraida
Lagu Panon Hideung (Mata Hitam) ciptaan Ismail Marzuki yang merupakan lagu rakyat Sunda dan sudah tidak asing lagi di telinga orang Sunda. Namun lagu tersebut bukan asli milik Indonesia, karena lagu asli nya berjudul Ochi Chernye (Dark Eyes) yang merupakan lagu rakyat Ukrania.
Lalu bagaimana lagu ini masuk ke Indonesia dan bahkan di-adaptasi menjadi lagu Sunda? Akhirnya jawaban itu didapatkan dengan keterangan yang meyebutkan,
"Tidak kurang uniknya adalah sejarah lagu yang dikenal Hallo-hallo Bandung ciptaan Ismail Marzuki. Karena mendapat tugas memimpin Studio Orkes NIROM II Bandung di Tegallega bersama Jan Snijders dengan sederetan penyanyi Miss Lee, Miss Netty, Miss Annie Landauw, Miss Nining dan juga Miss Eulis, komponis Betawi itu jatuh cinta pada yang disebut terakhir, yang dinikahinya sekitar tahun 1940 dan diberi nama Eulis Zouraida, mojang Priangan berdarah Sunda-Arab. Selagi pacaran diciptakan lagu Als de Orchiedeen Bloeien dan Panon Hideung, sebuah lagu Rusia dengan syair Sunda. Memang Eulis Bandung itu bermata hitam (Black Eyes), hidung mancung, kulit kuning seperti liriknya dalam bahasa Sunda".

Jadi menurut keterangan tersebut lagu Panon Hideung diambil dari sebuah lagu Rusia dan diubah dengan syair Sunda.
Ismail Marzuki 1914 - 1958

Lirik lagu tersebut ditulis oleh seorang penyair dan penulis Ukraina bernama Yevhen Hrebinka. Dipublikasi pertama kali di Gazeta Literaturnaya pada tanggal 17 Januari 1843. Meskipun sering ditandai sebagai lagu Gypsy Rusia, Lirik dan musik tersebut ditulis oleh seorang penyair Ukraina, Yevhen Hrebinka dan seorang komposer Jerman, Hermann Florian, dan menjadi lagu tentara Rusia (Russian Red Army Choir ). Feodor Chaliapin mempopulerkan lagu tersebut di luar negeri dalam versi yang telah diubah oleh dirinya sendiri dan banyak dinyanyikan oleh seniman Eropa maupun Amerika.

Lagu ini pernah dinyanyikan pula oleh The Tielman Brothers pada live Dutch TV pada tanggal 23 Januari 1960 dengan rock klasik sepanjang masa indo-instro instrumental Black Eyes (Ochi Chorneye / Dark eyes / Les yeux noirs / Panon Hideung). Yang dimainkan lead guitar dan vokalis Andy Tielman

DownLoad This Song(mp3)

1 comment:

  1. panon hideung, pipi koneng, irung mancung, euis bandung,,,good song :)

    ReplyDelete