Wednesday, October 10, 2012

Gunung Padang Ciwidey

Pintu Masuk
Di Ciwidey juga ada lokasi merupakan lokasi situs purbakala yaitu, Gunung Padang yang merupakan peninggalan situs  megalitikum terletak di Desa Rawabogo, Kec.  Ciwidey tepatnya di perbatasan Ciwidey dan Cililin, Kabupaten Bandung.  Pengertian Gunung Padang Dalam bahasa Sunda dan juga Sanskerta, Padang artinya caang alias terang ,  secara harfiah dapat diartikan dengan Gunung yang terang benderang. Tetapi, jika dikaitkan fungsinya sebagai wana wisata spiritual, Gunung Padang dapat berarti kepribadian yang jelas.  Gunung Padang di Jawa Barat ada di tiga tempat yaitu Gunung Padang Di Cikoneng Ciamis diduga berkaitan dengan Makam Keramat Kerajaan Galuh,  Situs Megalitikum di Kabupaten Cianjur( yang di teliti karena diperkirakan ada Piramida/Punden Berundak),  dan Gunung Padang di Desa Rawabogo (Ciwidey)

Batu Gerbang
Gunung Padang memiliki Batu-batu besar yang terlihat sekarang adalah batuan magma beku yang muncul karena pengikisan akibat perubahan cuaca dalam jangka panjang. Secara alamiah, batuan tersebut membentuk komposisi batuan yang bertingkat.
Kita dapat menikmati pemandangan alam sambil menambah pengetahuan tentang alam tanah sunda dan sejarahnya. Sungguh sesuatu banget lah, back to nature dan juga menambah wawasan.

Pemandangan dari atas
Arah Lokasi
Dari Pusat Kota Naik Menuju Bandung  Selatan (Melewati Jl. Kopo, Katapang, Terminal Lama Ciwidey), selanjutnya belok Kanan menuju Jl. Lebak Muncang (Kampung Ranca Gede), selanjutnya  menuju ke Desa Rawa Bogo

Transportasi umum
Bus / Angkot Bandung – Ciwidey selanjutnya naik ojeg menuju Desa Rawa Bogo

Batu Papanggungan

3 comments:

  1. bagus alam dan suasananya, untuk ketujuan nya dr pintu masuk dan parkiran mobil tidak terlalu jauh.

    ReplyDelete