Sunday, June 29, 2014

10 Makanan Khas Bandung

Bandung emang surganya kuliner. banyak sekali ragam makanan baik asli dari bandung yang notabene suku sunda ataupun makanan hasil kolaborasi dengan makanan luar. Kuliner yang menjadi khas kota Bandung patut Joyee mencoba nya,,ini beberapa makanan yang menjadi khas kota Bandung :

                                                                       1. BATAGOR
Batagor adalah makanan olahan terbuat dari tahu yang diisi dan hampir diselimuti oleh adonan terigu plus yang di  dalamnya adonan tersebut ada racikan daging ikan atau kaldunya saja biasanya daging ikan tenggiri lalu ada bawang daun, sedikit bawang putih, merica dll. Disajikan dengan bumbu kacang giling/saus kacang dan kecap, ada juga yang memakai kuah seperti layaknya mie baso,, sesuai selera aja joy ! Mungkin sekitar tahun 70 - 80 an makanan ini sudah mulai dikenal di Bandung,, Banyak tempat yang menjajakan Batagor di kota Bandung dengan brand yang mungkin sudah joyee kenal sebelumnya, seperti Batagor Riri, Kingsley, Abuy Ihsan dll,,

                                                                   2. MIE KOCOK
Salah satu makanan "legend" di Bandung. Mie Kocok ini katanya, sekitar tahun 50 -60an sudah dikenal oleh masyarakat,, Makanan yg sekilas seperti mie baso padahal berbeda,, terdiri dari kuah yang berkaldu sapi dengan terlihat banyak lemak dari tulang dan sumsum sapi di kuahnya, lalu kikil/kulit kaki sapi, baso, mie yang ukurannya agak lebih besar dari ukurann mie baso, tauge, aburan bawang goreng, dan air jeruk nipis.
Mie kocok banyak tersebar juga di kota Bandung dari pedagang gerobak dorong sampai warung dan rumah makan, seperti Mie Kocok Mang Dadeng di jalan Banteng.

                                                             3. KAREDOK/LOTEK
Lotek, sekilas hampir sama dengan pecel dan gado gado yakni makanan berupa rebusan sayuran segar yang disiram bumbu kacang. Sebagai bahan bumbu di samping kacang seringkali ditambahkan kentang/ubi yang di haluskan, dan dalam bumbunya ditambahkan terasi, gula merah, dan bawang putih, ada juga sebagian orang yang menambahkan cikur. Lotek terasa lebih "berbumbu" dibandingkan dengan pecel apalagi gado gado Makanan ini dapat disajikan dengan lontong atau nasi hangat biasanya ditambah potongan tahu, disertai dengan kerupuk dan bawang goreng. Kalau KAREDOK mirip dengan lotek ini cuma sayuran nya mentah/segar, sehingga mempunyai cita rasa yang khas dan alami.

                                                                   4. NASI TIMBEL
 Nasi timbel adalah benar benar makanan khas Sunda. Nasi Timbel adalah nasi putih biasa yang panas lalu dibungkus daun pisang, karena dibungkus daun pisang maka akan menimbulkan aroma yang khas. Disajikan dengan lauk pauk seperti tahu dan tempe goreng, ayam goreng, gepuk, ikan goreng,sambal, pencok leunca/ulukuteuk leunca, dan pastinya lalapan biasanya sih : terung bulat, timun, selada air, kemangi(surawung=sunda), bisa juga sayur sayur lainnya seperti daun singkong, pepaya, poh pohan dll kita tau sendiri orang sunda sangat suka lalapan daun atau sayur mentah,,mungkin cuma daun jendela sama daun telinga yang ga di konsumsi hehe *kidding ,,

                                                              5. SURABI / SERABI
Nah ini dia pancake sunda hehe,,,Serabi kadang disebut surabi(sunda dialek) merupakan salah satu penganan atau jajanan pasar yang khas Bandung dan daerah sunda lainya tetapi ada juga didaerah lain seperti Jakarta, Solo, Pekalongan dan Purwokerto. Terbuat dari tepung beras (bukan tepung terigu) dimasukan kedalam cetakan tanah liat ataupun plat alumunium. Penyajiannya ada yang diberi kuah cair yang manis (biasanya dari gula kelapa) ada juga yang ditaburi oncom diatasnya,,sesuai selera,, Tetapi di Bandung
pertengahan tahun 90an ada beberapa cafe jalanan yang menyajikan surabi dengan berbagai macam topping, ada coklat, keju, kacang, sosis, dll. Yang terkenal menjual serabi ber topping adalah sebuah cafe di bilangan jalan setiabudi dekat kampus pariwisata enhaii.

                                                                 6. PISANG MOLEN
Pada awalnya pisang molen adalah penganan/cemilan berbahan baku pisang yang dilapisi lembar-lembar adonan tepung terigu dan kemudian digoreng. Lalu terjadi pengembangan "model" dari pisang molen seperti yang bisa kita temukan di toko kue kartika sari berbentul kotak bata kecil tanpa salur salur adonan tepung terigu. Ada perbedaan antara pisang molen tempo doeloe dengan yang baru tapi keduanya sama sama enak dan memiliki khas masing masing.

                                                                       7. GEPUK
Gepuk adalah makanan khas Sunda yang terbuat dari daging sapi, bercitarasa sedikit manis dan gurih. Biasanya gepuk dibuat dengan daging sapi,yang potong searah dengan serat daging tersebut lalu direbus setengah matang, kemudian di pukul pukul hingga agak empuk. Daging yang sudah empuk direndam kedalam bumbu yang terdiri dari bawang merah, kemiri, gula merah, garam dll dicampur dengan santan, kemudian direbus kembali hingga air santan menyusut. Untuk disajikan, gorenglah gepuk dan sajikan gepuk dengan sedikit minyak hingga kecokelatan dan angkat. Taburi Gepuk dengan bawang goreng dan akan lebih nikmat di santap dengan nasi hangat dan sambal terasi khas sunda.

                                                                      8. PEUYEUM
Peuyeum adalah sejenis makanan olahan yang khas, terbuat dari singkong yang direbus dan diberi ragi sehingga terjadi fermentasi. Bisa di makan langsung tetapi lebih nikmat di goreng, jus dll. dan yang terpopuler dan enak yaitu COLENAK.

                                                                     9. COLENAK
Colenak adalah singkatan dicocol enak(bahasa sunda), merupakan makanan yang dibuat dari peuyeum (tape singkong) yang dibakar kemudian disajikan dengan saus yang terbuat dari parutan kelapa dan gula merah. Makanan khas Bandung yang masih bertahan meski saat ini agak jarang yang menjualnya. Karena kandungan gula di dalam tape maka tape tersebut mudah gosong, dan menjadi sensasi citarasa dalam mulut yang menyantapnya. Kalo mau cari makanan ini banyak dijual didaerah lembang beserta ketan bakar dan jagung bakar.

                                                          10. ULUKUTEUK LEUNCA
Ulukutek Leunca ini adalah hidangan khas orang sunda pisan. Campuran antara oncom dan buah leunca yang dimasak dengan bumbu bumbu seperti bawang, cabe rawit, terasi dan bahan bahan lainnya. Disajikan bersama Nasi Timbel dan rekan rekannya seperti gepuk  dll.

1 comment: