Saturday, September 8, 2012

CIWIDEY

Satu lagi kawasan di Bandung yang bisa buat fikiran dan hati kita menjadi nyaman dan fresh adalah Ciwidey. Kata mas Wikipedia, nama Ciwidey berasal dari bahasa Portugis Kuno, dari kata Ciwi yang berarti buah kiwi dan Dey yang berarti hari. Sedangkan dalam bahasa Yunani Kuno nama Ciwidey berasal dari kata Ciwos yang berarti sapi dan Dos yang berarti lima.
Kecamatan ini terletak di sebelah selatan Kota Bandung daerah ini berbatasan dengan Kabupaten Cianjur, dengan akses jalan yang menembus daerah Cianjur selatan.Ciwidey mempunyai Objek wisata diantaranya adalah:
PTPN 8 Rancabali
1. Hamparan kebun teh di kawasan Agrowisata PTPN 8 memiliki pemandangan yang alami, indah dan menyejukan membuat kita melupakan segala kepenatan rutinitas sehari hari dan mengingatkan kita kembali bahwa : hidup itu indah ! di Agrowisata PTPN 8 ini ada sarana Villa yang mempunyai Rate antara Rp 350000 hingga - Rp 900000 an /malam.


Cimanggu
2. Pemandian air panas Cimanggu ini berasal dari mata air  gunung Patuha. Dengan suasana yang nyaman sangat nikmat mandi di kolam air panas ini sehingga badan yang pegal pegal setelah anda berjalan jalan seharian akan sirna hmmm... di sini juga ada kolam per ruangan untuk anda yang ingin berendam secara privasi.

Situ Patenggang
3. Situ Patenggang dengan legenda Batu Cintanya hmmm..  Danau Patenggang atau juga dikenal dengan nama Situ Patenggang (situ berarti danau dalam Bahasa Sunda) berada di dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 1600 meter dari permukaan laut dan berada di kaki Gunung Patuha. Karena posisinya yang tinggi, Anda akan merasakan udara yang dingin dan segar saat mengunjungi danau ini. Ada  perahu perahu gowes untuk anda bersantai di permukaan situ ini.

Ranca Upas
4. Bumi Perkemahan Ranca Upas adalah salah satu obyek wisata di daerah Ciwidey ini. Tidak hanya pecinta alam yang menggunakan tempat ini untuk berkemah atau melakukan aktivitas alam lainnya. Lokasinya tidak jauh dari gerbang utama Kawah Putih Ciwidey, sebelum memasuki kawasan Perkebunan Teh Ranca Bali.
Rusa - Ranca Upas

Obyek wisata Ranca Upas memiliki area seluas 215 ha memiliki kekayaan alam perbukitan serta hutan alam yang sangat luas. Di atas ketinggian sekitar 1.700 dpl, hawa yang sangat sejuk di kisaran 15-23C menambah suasana alam di kawasan ini semakin memikat. Berbagai macam tumbuhan dan juga fauna yang hidup di kawasan ini,, dan pengunjung juga bisa menikmati kawasan penangkaran Rusa di sini.


Kawah Putih

5. Kawah Putih ( ada artikel di Blog ini tentang Kawah Putih, please check ok!  )



Di sepanjang jalan di kawasan Ciwidey dari arah Bandung, banyak Hotel dan Vila untuk anda berisitirahat. Ini ada beberapa Nama Hotel dan No. Teleponnya:
1. Kampung Pago, Ph : +62-22-5928062
2. Sukarasa Indah Hotel, Ph : 5928301
3. Sindang Reret Hotel & Reestauran, Ph : 5928200
4. Purnama Indah Hotel. Ph :
5. Pondok Sely Hotel, Ph : 5928260
6. Abang Hotel, Ph : 5928235
7. Pondok Unyil,  Ph : 5928250
8. Eco Hotel, Ph :  5928082
9. Kampung Strawberi, Ph : 859 20550
10. Villa Fraga Vesco, Ph :
11. Pondok Gembyang, Ph : 5928998
12. Patuha Resort, Ph : 7208310
13. Cimanggu Cottage, Ph :
14. Prana Citra Walini Cottage, Ph : 5927050


Rute dari Jakarta
 

1. Jakarta-Cipularang- Keluar di Tol Kopo
Sebenarnya, ini rute yang paling pendek, tapi siap-siap menghadapi kemacetan di sepanjang Jalan Kopo.   Jalan yang hanya beberapa kilometer membutuhkan waktu hampir 2 jam untuk melewatinya. Akan lebih aman bila melintasi daerah ini pada malam hari, saat Pasar Kopo sudah sepi. Atau luangkan waktu untuk mempelajari rute alternatif lainnya.

2. Jakarta-Cipularang-Tol Buah Batu menuju Banjaran - Soreang - Ciwidey
 

3. Jakarta-Leuwi Gajah - Soreang - Ciwidey





 http://www.backpacker-notes.com/








No comments:

Post a Comment