Friday, August 10, 2012

Tentang SPECIALIZED

Seperti umumnya cerita klise dlm dunia bisnis
SPECIALIZED Bicycle Inc berangkat dari kesederhanaan/kere
kemudian mengalami titik balik menjadi sebuah usaha sukses
dan mendunia.


Adalah Mike Sinyard’s mahasiswa jebolan universitas San Jose 1974
menjual mobil van kesayangannya seharga $1500 untuk modal kabur
keEropa guna mengikuti tour sepeda, dalam tour Sinyard’s bertemu
cewek diasrama mahasiswa Milan yng kemudian memperkenalkannya
kepada distributor sepeda balap dan touring fabrikan Italy.

Sinyard’s menyatakan ingin berkenalan dng pejabat fabrikan langsung
diluar dugaan pejabat pabrik ingin mengajaknya untuk bekerjasama
dalam memasarkan produknya di Amerika. Sinyard’s tahu bahwa
peredaran produk high-end Italy tsb masih langka dinegaranya.
Bermodal keyakinan bahwa produk Italy punya gengsi tersendiri
tentulah setiap orang akan merasa bangga jika memilikinya.

Sinyard’s membelanjakan sisa uangnya untuk membeli komponen
dari fabrikan Italy itu, saat tiba diAmerika ia merasa nalurinya benar
bahwa komponan sepeda yng dibawanya dari eropa sangat diminati.
Setelah berhasil menjual seluruh komponen ditoko sepeda setempat
mulailah berinisiatif untuk impor kecil2an, ternyata permintaannya
terus meningkat hingga terbentur dng modal yng dimilikinya.

Untuk memecahkan masalah tsb Sinyard’s meyakinkan pemilik toko
agar para pemesan diminta uang dimuka (sistim indent), pemilik toko
setuju dan sejak saat itulah secara tidak langsung SPECIALIZED lahir.
Sukses sbg importir komponen sepeda makin membulatkan tekad
Sinyard’s untuk menekuni bisnis persepedaan dan memutuskan
saatnya SPECIALIZED memproduksi sendiri (sbg merek dagang)


 Tahun 1976 SPECIALIZED memperkenalkan produk ban untuk
sepeda touring, tahun 1978-1979 kembali memperkenalkan
ban yng bisa dilipat (kevlar) sekaligus memproduk frame sepeda
seri "Allez" untuk road race dan "Sequoia" untuk touring

tahun 1981 SPECIALIZED putar haluan dng dasar pemikiran
"mungkin masyarakat persepedaan akan merasakan dan lebih
mempelajari jika dikenalkan dng sepeda gunung".
Lahirlah produk yng dirancang dari hasil revolusi sepeda biasa
dipakai Sinyard’s dimasa remajanya dijalanan paving, kemudian
prototype itu diberi isltilah ATB (All Terrain Bike/sepeda segala medan)
dan dipublikasikan dng nama STUMPJUMPER

sukses penjualan model Stumpjumper bak kacang goreng
divisi R&D (Resarch & Development) SPECIALIZED tertantang
untuk terus melakukan inovasi dan pengembangan, lahirlah beberapa
variant baru seri MTB, dlm tempo 7tahun dari kelahirannya harus
memperluas pabriknya untuk melayani gencarnya permintaan
inilah periode dicanangkannya motto "INNOVATE or DIE"

1983 SPECIALIZED mempetajam promosi dng membentuk tim fabrikan
bernama "Specialized Mountain Bike Racing Team", ternyata meraih
sukses dibeberapa nomor kejuaraan dunia Mountain Bike, sekaligus
memanfaatkan atlit profnya sbg tester rider untuk produk2 baru.

1989 membuat catatan baru yng belum berani dilakukan oleh pabrik
sepeda lainnya, yakni membuat wheelset berbahan matrik komposit
bekerjasama dng Duralcan Corp perusahaan aluminum SPECIALIZED
mempelopori pembuatan rim/velg dan wheelset teringan. Material
matrik komposit itulah kemudian diberi code "M2"



Era 1990 merupakan era booming sepeda MTB, persaingan kian ketat
pesaing SPECIALIZED spt TREK, CANNONDALE, SCOTT melakukan inovasi
lebih cepat serta membanjiri pasar dng produk kreasi baru kelas low-end
penjualan SPECIALIZED sempat terpengaruh, namun sang CEO (Sinyard’s)
masih berkeyakinan bahwa pangsa SPECIALIZED adalah pelanggan fanatik
untuk mempertahankan level penjulannya dibuatlah strategi discount
diseluruh outletnya.

1995 menerapkan strategi force brand, yakni menjual fullbike dng
mayoritas komponen produk sendiri, dibarengi memproduk asesoris
dan apparel SPECIALIZED menyerbu dipasar low-end serta memperluas
outletnya hingga Kanada dan Eropa.

1998 Mike Sinyard’s pendiri dan CEO Specialized Inc memperoleh
penghargaan dari pemerintah federal sbg tokoh Mountain Bike
berkat partisipasinya telah mendorong kemajuan cabang olahraga
sepeda gunung di Amerika. Hal itu menjadikan grup SPECIALIZED
makin agresif melakukan pengembangan dan innovasi, hasil dari
mempelajari tulisan seorang dokter dijournal kesehatan, digagaslah
desain berdasar ergonomy (karakter gerak dan posisi rangka manusia)
dibawah panji proyek S-Work lahirlah disain "Body Geometry"

2001 MERIDA Bicycle Corp memperoleh sebagian saham SPECIALIZED
untuk menggarap pasar Asia. Dng proyek EPIC-nya Specialized mencoba
bersaing disegmen frame yng bebahan carbon fiber.




http://www.specialized.com

No comments:

Post a Comment